Saat ini kita sedang berada di era yang semuanya serba digital, dengan menjual produk atau layanan secara Online itu juga sudah termasuk strategi dari pemasaran yang sangat efisien dan juga efektif. Kalian akan dengan mudah menjangkau para pelanggan kalian yang cukup jauh dan juga lebih luas bukan hanya di Indonesia melainkan juga sampai ke Dunia dengan menggunakan platform digital.
Toko Online kalian juga bisa di akses selama satu hari full tanpa henti, sehingga kalian memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa mencapai target penjualan kalian. Saat ini, ada banyak sekali cara untuk menjual barang dagangan kalian secara Online. Dan ada satu cara yang cukup efektif adalah dengan cara kalian membuat web e-commerce.
Tetapi kalian juga harus pahami untuk bisa membangun web e-commerce yang berhasil itu dibangun menggunakan strategi yang sangat matang. Kalian juga perlu untuk memastikan web kalian menarik secara visual. Kalian juga perlu untuk menjalankan strategi pemasaran yang digital, hal ini bertujuan agar kalian bisa memenangkan persaingan.
Berikut ini https://biggu.com akan memberikan kalian tips bagaimana membuat e-commerce yang sukses.
Tentukan Jenis Web E-commerce
Sebelum kalian membuat web E-commerce, kalian terlebih dahulu harus menentukan jenis dari web E-commerce yang akan kalian kembangkan nantinya. Ada beberapa kategori utama dari model bisnis E-commerce.
- B2B – Business to Business
B2B ini merupakan model bisnis di mana transaksi yang akan terjadi nantinya itu di lakukan oleh satu bisnis dengan bisnis yang lainnya. Misalnya HubSpot dan Salesforce.
- B2C – Business to Consumer
B2C merupakan model bisnis yang terjadi dari perusahaan atau penjual dengan konsumen mereja yang terakhir. Misalnya eBay, Alibaba, Amazon.
- C2C – Consumer to Consumer
Model bisnis yang selanjutnya ada Consumer to Consumer, di mana model bisnis ini para konsumen bisa menjual produk atau layanan mereka ke konsumen yang lainnya. Misalnya, Shoppe, Tokopedia, Blibli dan masih banyak lagi.
Persiapan Anggaran
Setelah tadi kalian sudah menentukan jenis web yang akan kalian kembangkan, selanjutnya kalian harus melakukan beberapa riset dan juga beberapa persiapan sebelum nantinya kalian terjun ke proses dari pengembangan website. Kalian harus alokasikan anggaran dana kalian secara cerdas, kalian juga bisa investasi biaya pengembangan kepada alat atau metode pengembangan yang cerdik hal ini bertujuan untuk menghasilkan sistem yang berkualitas.
Analisis Pasar dan Pesaing
Setiap bulan bahkan setiap harinya tren selalu saja berubah-ubah. Oleh karena itu, sebelum kalian melangkah lebih maju lagi pada sebuah proses pengembangan web e-commerce, tentunya kalain harus pelajari terlebih dahulu tentang pasar, tren desain web milik kalian, dan juga memahami web seperti apa yang nantinya akan paling berhasil untuk menarik para pelanggan kalian.
Pilih Platform E-Commerce
Untuk membuat web e-commerce kalian bisa menggunakan sebuah platform pengembangan untuk e-commerce yang memang sudah tersedia. Ada beberapa platform yang populer dan sering digunakan, antara lain ada Magento, Shopify, dan juga Woocommerece. Ketika kalian akan memilih platform mana yang nantinya akan kalian gunakan, kalian juga harus sediakan terlebih dahulu beberapa daftar kriteria yang nantinya akan digunakan oleh platform tersebut.
Pilih E-commerce Hosting Terbaik
Kalian juga harus pintar-pintar memilih e-commerce hosting yang terbaik, hal ini bertujuan agar nantinya web e-commerce kalian bisa diakses oleh banyak orang. Untuk memilih hosting mana yang palng sesuai dengan kebutuhan kalian, kalian juga bisa menyediakan beberapa daftar kriteria yang tersedia di layanan tersebut.