Belanja asuransi adalah suatu kegiatan yang cukup rumit dan memusingkan bagi sebagian orang. Iming-iming agen asuransi terkadang malah membuat calon nasabah bingung karena semua tawarannya menggiurkan, misalnya asuransi jiwa murah. Namun, anda tentu harus pandai-pandai memilih agar anda dapat memperoleh asuransi dengan premi murah namun nilai tanggungan mencukupi.

Tips Merendahkan Premi Asuransi

Membeli asuransi, entah itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau asuransi dana pensiun, merupakan hal yang tak selalu mudah dilakukan. Banyak orang ingin membeli asuransi dengan premi murah namun nilai proteksinya maksimal. Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan agar premi asuransi anda semakin terjangkau.

  1. Jaga kesehatan

Memiliki tubuh yang sehat dapat mengurangi nilai premi. Saat seseorang mengajukan formulir pengajuan asuransi, perusahaan biasanya akan meminta anda untuk melakukan cek kesehatan. Apabila hasil cek kesehatan ini menunjukkan bahwa ia sehat dan tidak memiliki risiko penyakit tertentu, calon nasabah ini pasti akan memperoleh asuransi dengan premi terjangkau.

Oleh karenanya, sebelum anda mengajukan aplikasi asuransi, anda sebaiknya menjaga berat badan agar tetap ideal dengan cara menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Kedua hal ini juga akan menjaga tekanan darah, kadar gula darah, dan kadar kolesterol tetap normal. Sehingga hasil cek kesehatan anda akan menunjukkan bahwa anda sehat.

  1. Jalani pola hidup sehat

Selain menjaga kesehatan, anda juga harus menjalani pola hidup sehat. Nasabah yang memiliki pola hidup sehat biasanya juga akan memperoleh asuransi dengan premi lebih murah. Beberapa kebiasaan buruk akan membuat premi anda semakin mahal, misalnya merokok dan minum minuman keras.

  1. Beli beberapa asuransi dari perusahaan yang sama

Misalnya, anda telah memiliki asuransi kesehatan di Generali dan hendak membeli asuransi jiwa atau asuransi dana pensiun, anda sebaiknya juga membelinya dari perusahaan tersebut. Dengan demikian polis-polis Anda dapat terpantau dengan baik.

Ketiga tips di atas harus anda coba saat anda mengajukan formulir aplikasi asuransi jiwa yang berhubungan dengan diri anda. Sedangkan untuk asuransi yang memberikan proteksi aset, misalnya asuransi mobil, tidak semua tips di atas dapat berlaku.