MPASI Berkualitas, Dukung Tumbuh Kembang Bayi

Menu mpasi berkualitas wajib diberikan untuk pendamping ASI setelah bayi cukup usia. Setelah usia 6 bulan, Si Kecil telah memasuki usia yang direkomendasikan oleh WHO, untuk mulai menerapkan makanan padat sebagai pendamping ASI atau MPASI. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menguasai menu resep MPASI seperti apa yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Mengolah makanan pendamping ASI untuk Si Kecil tidak bisa sembarangan. Kamu perlu tahu apa saja yang aman untuk setiap tahapan usianya serta nutrisi yang dibutuhkan.

Nah, agar kamu tidak bingung lagi, di bawah ini adalah beberapa menu mpasi sederhana dan kaya nutrisi yang perlu kamu ketahui.

Menu MPASI Untuk Usia 12 Bulan Ke Atas

menu mpasi

Setelah memasuki usia 1 tahun, bayi sudah hampir bisa memakan segala jenis makanan. Namun, hal ini tergantung pada berapa banyak gigi yang sudah tumbuh. Untuk menambah asupan nutrisinya, Anda bisa menyiapkan cemilan sehat seperti berikut ini.

Perkedel Kentang Keju

Kukus 300 gram kentang dan tumbuk halus. Campurkan dengan sebutir telur, 25 gram keju parmesan parut, dan 3 sendok makan tepung terigu.

Jika sudah merata, ambil sesendok adonan dan bentuk bulat agak pipih. Lumuri kembali dengan tepung terigu, lalu goreng.

Kroket Salmon

Hancurkan 200 gram daging ikan salmon dengan garpu. Campur dengan sebutir telur, 25 gram tepung roti, dan masing-masing satu siung bawang merah dan bawang putih yang telah dicincang halus.

Selanjutnya, bentuk adonan menjadi bulat pipih. Goreng di wajan datar dengan sedikit minyak hingga matang di kedua sisinya.

Stik Wortel Keju

Campurkan 2 sendok keju parmesan parut dengan 150 gram tepung terigu, setengah sendok teh baking powder, dan sejumput garam. Masukkan 100 gram wortel parut, lalu aduk hingga rata.

Kemudian, tambahkan 2 sendok minyak goreng, lalu aduk kembali menggunakan tangan. Bentangkan adonan di atas meja datar dan diamkan selama 2 menit. Potong-potong menjadi seukuran genggaman anak, lalu panggang selama 15 menit.

Menu MPASI Untuk Usia 9 Hingga 12 Bulan

menu mpasi

Memasuki tahap perkembangan bayi selanjutnya yaitu di usia 9 bulan, bayi mulai bisa mengunyah makanan yang lebih padat dan bertekstur. Sehingga tak lagi harus makan bubur. Berikut menu mpasi bayi sesuai kebutuhannya pada usia ini.

Bubur Daging dan Wortel

Giling daging menggunakan mesin atau belilah daging yang sudah digiling. Rebus hingga matang bersama wortel, lalu tumbuk secara manual.

Kacang Hitam dengan Jagung dan Timun Jepang

Kukus pipilan jagung dengan timun jepang yang telah dipotong kecil. Secara terpisah, rebus kacang hitam atau belilah kacang hitam kalengan. Setelah semua bahan matang, blender bersama namun usahakan jangan sampai terlalu lembut.

Ayam Ubi Tumbuk

Rebus ayam hingga benar-benar lunak. Sembari menunggu, kukus ubi hingga matang. Jika sudah matang, cincang ayam hingga halus atau giling dengan mesin. Campurkan ubi dan tumbuk sampai halus.

Menu MPASI Untuk Usia 6 Hingga 9 Bulan

menu mpasi

Pada usia ini, sebagian orangtua hanya memberikan buah. Padahal sebenarnya, bayi juga perlu protein hewani guna menghindari risiko defisiensi zat besi.

Adapun daging seperti sapi, ayam, dan ikan (selain seafood bercangkang) sudah aman dikonsumsi asalkan dimasak hingga teksturnya lembut seperti pada menu mpasi berikut.

Pasta Kaldu

Gunakan pastina alias pasta lembut untuk bayi. Bila tidak ada, bisa diganti dengan oatmeal. Rebus dengan 350 mL kaldu ayam tanpa garam hingga teksturnya lembut. Campurkan dengan sayuran yang sudah dikukus dan dihaluskan.

Bubur Ayam Bayi

Masak ayam dengan cara merebus atau memanggangnya. iris kecil-kecil dan haluskan dengan blender atau food processor. Bubur ini bisa disimpan dalam freezer selama 3 hari. Campurkan bubur sayur setiap akan disajikan.

Saus Blueberry Bayam

Rebus sekitar 300 gram bayam hingga lunak. Lalu, blender bersama 250 gram buah blueberry dan setengah sendok teh air perasan lemon. Tambahkan air sedikit untuk mencapai tingkat keenceran yang tepat.