Cara membasmi rayap – Rayap disebut sebagai ‘silent destroyer’ bukan tanpa alasan. Koloni rayap secara perlahan namun pasti, menggerogoti sedikit demi sedikit perabotan kayu dirumah kamu. Mulai dari permukaan, perabotan Kamu terlihat masih bagus. Namun saat Kamu melakukan pemeriksaan, rayap-rayap ini telah menggerogoti bagian dalam yang tidak kasat mata.

Berikut adalah beberapa tips ampuh membasmi rayap yang bandel

Cara membasmi rayap dengan rutin membersihkan perabotan rumah

Apa perabot kayu di rumah Kamu telah terlanjur dikuasai rayap? Maka cara paling mudah membasmi binatang tersebut adalah dengan menjemur perabot. Keluarkan furnitur dari dalam rumah, kemudian letakkan di bawah sinar matahari langsung.

Rayap tidak suka dengan kondisi kering, panas, juga cahaya, maka mereka akan segera menjauh bahkan lama-kelamaan akan mati lemas.

Perabot kayu memang sangat rentan terhadap serangan hama rayap. Karena itu harus dirawat serta dibersihkan secara teratur serta berkala.

Rumah yang telah berusia tua biasanya memiliki material dari kayu yang telah berumur atau lapuk. Hal ini menyebabkan rumah dapat terserang rayap dan menjadi masalah besar, apalagi jika telah memasuki musim penghujan.

Jadi, pastikan Kamu mencegah kedatangan binatang tersebut dengan cara-cara di atas. Bahan-bahannya pun murah dan mudah didapat.

Cara membasmi rayap dengan menggunakan garam

Cara membasmi rayap

Bahan alami untuk mengusir rayap ini dapat Kamu temukan dengan mudah di dapur. Ambil garam kemudian taburkan garam ke area tempat rayap berkembang biak.

Garam mengandung selulosa yang disukai rayap. Ketika rayap mengonsumsi garam, struktur kristalin pada garam akan menyerap cairan tubuh rayap secara alami. Kondisi dehidrasi inilah yang akan mematikan rayap secara perlahan.

 

Rajin membersihkan kayu dan ranting tak terpakai disekitar rumah

Cara membasmi rayap

Rayap sangat menyukai tumpukan kayu yang tidak terpakai, apalagi jika kayu-kayu tersebut berada dalam kondisi lembap.

Jika Kamu melihat ranting berserakan di sekitar rumah, segera bersihkan atau singkirkan sebelum koloni rayap datang. Bersihkan juga secara berkala tumpukan kayu yang tidak dipakai agar rumah tidak rentan dimasuki rayap.

Jenis material kayu yang Kamu gunakan untuk perabot juga mempengaruhi ketahanan terhadap rayap. Beberapa jenis material kayu sangat rentan ada juga tahan terhadap serangan rayap.

Perbanyak ventilasi rumah

Cara membasmi rayap

Rayap sangat menyukai kondisi lembap juga minim sinar matahari. Karena itu, cara membasmi rayap di rumah Kamu adalah dengan memastikan sirkulasi udara lancar. Minimal rumah kamu memiliki cukup paparan cahaya matahari.

Jadi pastikan rumah Kamu memiliki banyak jendela, ventilasi, atau bukaan sebagai jalan keluar masuk udara segar juga cahaya alami.

 

Gunakan kapur barus

Cara membasmi rayap

Selain obat pembasmi serangga, Kamu dapat menggunakan kapur barus untuk mengusir rayap dari rumah Kamu. Dengan kandungan naftalena yang dimilikinya, kapur barus dapat dijadikan bahan pembasmi rayap yang efektif.

Letakkan kapur barus di tempat-tempat yang rentan serangan rayap. Bau kapur barus yang sangat kuat sangat tidak disukai oleh rayap, sehinga mereka akan menghindarinya.

 

 

 

Paling mudah menggunakan air cucian beras

Cara membasmi rayap

Ternyata bahan yang biasa dibuang ternyata dapat dijadikan pembasmi rayap yang ampuh. Air bekas mencuci beras ternyata dapat digunakan untuk membunuh rayap.

Kumpulkan air bekas cucian beras, kemudian masukkan dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada area yang terserang rayap. Koloni rayap akan berkurang secara perlahan dan berangsur-angsur meninggalkan area tersebut. Mudah dan murah kan?

 

 

Menjaga kebersihan rumah memang sangat penting. Kamu pastinya ingin tempat tinggal yang nyaman dan selalu terjaga dari lapuk dan rapuh. Nah, semoga tips diatas bermanfaat.