Manfaat Gerakan Pendinginan Setelah Olahraga

  • Whatsapp
Manfaat Gerakan Pendinginan Setelah Olahraga

Berolahraga mempunyai banyak sekali manfaat, seperti menjaga kesehatan, menjaga kebugaran tubuh, serta menjaga imunitas tubuh, agar tubuh kita tidak mudah sakit. Tetapi pada saat berolahraga, kita harus melakukannya dengan baik dan benar sehingga kita terhindar dari cidera. Dalam berolahraga ada beberapa hal perlu kita perhatikan seperti saat melakukan pemanasan sebelum memulai dan pendinginan setelah selesai olahraga.

Pemanasan merupakan hal yang harus diperhatikan karena dapat mengurangi risiko cedera serta meningkatkan stamina. [1] Pendinginan yang umum dilakukan setelah lari adalah melakukan peregangan dan berjalan. Berjalan santai sebentar setelah berolahraga membantu mentransisi darah dari otot yang bekerja  ke pola aliran darah untuk istirahat. Berhenti secara tiba-tiba setelah berolahraga bisa menjadikan darah terkumpul di kaki, tekanan darah mendadak turun, dan kita akan merasa sangat pusing. Jika kita tidak punya banyak waktu, cukup dengan berjalan selama 3-5 menit saja setelah berolahraga. Setelah berolahraga, otot akan menghangat sehingga lebih elastis dan lembut. Itulah saat yang tepat untuk melakukan peregangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. [2]

Manfaat Pendinginan Setelah Berolahraga

Melakukan pendinginan setelah olahraga merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Karena pada dasarnya, manfaat dari pendinginan setelah berolahraga ini sering dibahas guna mencegah resiko cedera pada otot-otot tubuh.

Menurut American Council on Exercise, pendinginan atau meregangkan tubuh sehabis berolahraga terbilang penting. Mengapa penting? Efeknya tidak hanya membantu mencegah cedera, tapi juga bisa membantu mengatasi nyeri yang muncul sesudahnya. Saat berolahraga, otot tubuh akan merasa hangat akibat gerakan dan kecepatan saat kita berolahraga. Nah, fungsi dari pendinginan ini adalah meningkatkan rentang gerak otot agar mereka tidak robek dan terluka dalam kondisi yang hangat.

Dengan rutin melakukan pendinginan badan setelah berolahraga, kita juga bisa mengurangi nyeri pada otot yang biasanya muncul 1 atau 2 hari setelah berolahraga. [3]

Berikut beberapa manfaat lain untuk pendinginan setelah berolahraga:

  1. Mencegah Stres pada Tubuh

Gerakan dinamis yang dilakukan selama berolahraga membuat otot-otot di dalam tubuh lebih tegang. Apabila kita tidak melemaskan otot tubuh dengan pendinginan usai berolahraga, mungkin akan ada resiko mengalami cedera atau rasa nyeri yang parah.

Dengan meregangkan tubuh sambil mengatur nafas sebelum sesi olahraga benar-benar usai, otot yang tegang karena gerakan latihan dapat kembali rileks. Kondisi otot tubuh yang sudah tidak menegang ini akan membuat pikiran lebih tenang, sehingga terhindar dari perasaan stres.

  1. Mengurangi Resiko Kram Otot

Bagi orang-orang yang tidak melakukan pendinginan usai berolahraga, resiko untuk mengalami kram otot tergolong tinggi. Kram otot biasanya terjadi akibat salah melakukan gerakan saat olahraga. Untungnya, risiko tersebut bisa diperkecil dengan melakukan pendinginan usai olahraga. Dengan gerakan pendinginan yang tepat, otot akan lebih rileks dan sirkulasi darah pun akan menjadi lebih optimal.

  1. Mengembalikan Detak Jantung ke Kondisi Normal

Berolahraga membuat jantung terpompa lebih cepat, apalagi bila melakukan jenis olahraga aerobik. Kalau kondisi jantung yang cepat tidak dikembalikan ke kondisi normal, mungkin bisa saja muncul rasa pusing atau kehilangan keseimbangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pendinginan sehabis berolahraga.

  1. Mengatur Laju Pernapasan

Jantung yang terpompa saat berolahraga berbanding lurus dengan tarikan nafas yang semakin dalam. Kondisi ini normal kok, karena merupakan mekanisme tubuh untuk membakar kalori berlebih. Namun, kita tidak bisa membiarkan laju pernapasan terus terengah-engah seperti saat sedang berolahraga. Untuk itu, diperlukan gerakan pendinginan setelah berolahraga agar laju nafas kembali normal seperti sebelum olahraga dimulai.

  1. Mengurangi Tekanan pada Sendi Tubuh

Setelah berolahraga, biasanya kita akan merasa kesulitan untuk sekadar menggerakkan anggota tubuh tertentu, salah satunya sendi. Untuk mengatasi hal ini, melakukan pendinginan sangatlah penting. Ini dilakukan agar ketegangan pada tubuh termasuk sendi bisa mereda secara perlahan. Dengan pendinginan, tekanan pada sendi akan sangat berkurang. kita akan memiliki kemampuan untuk kembali bebas mengatur pergerakan anggota tubuh termasuk persendian. [4]

Setelah kita mengetahui betapa pentingnya melakukan pendinginan setelah olahraga, nyatanya masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebelum melakukan olahraga, kita juga wajib melakukan pemanasan, sama halnya juga dengan melakukan peregangan otot tubuh setelah selesai olahraga. Kedua hal ini harus dilakukan dengan seimbang, yaitu sebelum dan sesudah berolahraga. Lalu, pendinginan bisa dilakukan dengan cara yang lembut. Hindari dengan melakukan gerakan yang meloncat atau bergerak lebih cepat. Jangan lupa juga untuk menarik napas dalam-dalam guna mendapatkan sensasi di tubuh saat meregang. Disarankan untuk melakukan pendinginan 3-5 menit saja setelah berolahraga. [3]

Kegiatan berolahraga akan lebih baik jika kita menyeimbangkannya dengan asupan makanan sehat yang kaya akan vitamin serta gizi dan jangan lupa kita harus tetap menjaga asupan cairan kita agar kita tetap menjaga hidrasi pada tubuh. Dalam memilih asupan air putih pada tubuh kita, kita harus selektif dalam hal kualitas dan kehigienisan dari air minum yang akan kita konsumsi, serta jangan lupa, kandungan pada air minum yang akan kita konsumsi harus kaya akan mineral.

AQUA yang sumber airnya berasal dari sumber air pegunungan terpilih di Indonesia, membentang dari Sabang hingga Merauke. Sebagai air minum yang berasal dari Indonesia, AQUA benar-benar menghadirkan air mineral berkualitas dari pegunungan Indonesia. Secara alami, air akan tersaring oleh lapisan batuan vulkanis, sehingga dapat menghasilkan air pegunungan alami yang penuh dengan kebaikan alam. Tentu saja saat dikonsumsi juga akan memberikan kebaikan bagi tubuh karena mengandung mineral alami. Memberikan yang terbaik untuk tubuh, terutama untuk kebutuhan keluarga, kita perlu mengenali ciri air yang layak dikonsumsi. Selain berasal dari sumber terpilih, kesegaran AQUA tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas, dibotolkan di sumbernya.[5]

  1. https://kumparan.com/inspirasi-shopee/4-manfaat-pendinginan-setelah-olahraga-yang-perlu-diketahui-1rL5h5JtmJh
  2. https://www.honestdocs.id/6-jenis-pendinginan-yang-wajib-dilakukan-setelah-lari
  3. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/manfaat-pendinginan-setelah-olahraga/#gref
  4. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636917/mengapa-pendinginan-usai-olahraga-harus-dilakukan
  5. https://www.sehataqua.co.id/mengawali-hari-dengan-kemurnian-aqua/

Related posts