Nyeri dan kram perut yang karena kontraksi di dalam rahim saat haid, kontraksi tersebut dipicu oleh hormon prostaglandin. Tetapi, Nyeri pada perut itu bisa diatasi dengan konsumsi 8 makanan ini :

  1. Jahe

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa jahe bisa mengurangi rasa nyeri haid. Penelitian yang melibatkan 150 wanita tersebut dilakukan dengan memberikan 1 gram bubuk jahe per hari, selama 3 hari pertama haid. Jahe berhasil mengurangi rasa sakit seefektif obat asam mefenamic atau obat penghilang rasa sakit anti inflamasi. Konsumsi jahe dalam bentuk teh jahe atau wedang jahe dengan tambahan sedikit air jeruk lemon.

  1. Salmon

Dalam penelitian wanita yang konsumsi omega-3 paling banyak alami nyeri haid lebih ringan. Ikan salmon kaya akan lemak anti inflamasi yang luar biasa. Disarankan untuk konsumsi ikan salmon setidaknya dua kali seminggu. Bisa juga mendapatkan asupan omega 3 dari flaxseed, walnut, dan telur.

  1. Beefsteak

Daging sapi merupakan sumber makanan yang kaya akan besi. Biasanya wanita yang mengalami kram perut akibat menstruasi selalu memakan beefsteak. Namun, jika Anda bukan termasuk pemakan daging, konsumsi saja bayam, kacang, dan kacang lentil.

  1. Sayuran hijau

Selain menyehatkan mata, sayuran hijau juga bisa mengatasi kram perut saat haid. Sayuran hijau seperti bayam, kale dan brokoli tinggi akan magnesium, mineral anti kram. Selain itu sayuran hijau tersebut juga mengandung berbagai vitamin, seperti A, C, B6, dan E, lengkap dengan kalsium dan nutrisi kalium yang semuanya sudah terbukti membantu meringankan sakit saat haid.

  1. Yogurt

Kalsium merupakah salah stau asupan yang dibutuhkan saat menestruasi. Asupan kalsium bisa didapatkan melalui produk susu. Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah studi besar yang menemukan diet dengan produk susu kaya kalsium dapat menurunkan risiko sakit perut sebanyak 40%.

Konsumsi yogurt yang memiliki bakteri baik untuk mendukung sistem pencernaan sehat dan dapat mengurangi kembung.

  1. Dark Chocolate

Saat menstruasi paling enak makan cokelat. Tetapi, untuk menghindari sakit perut yang berlebih jangan makan sembarang cokelat. Pilih dark chocolate yang rendah gula. Cark chcolate kaya akan vitamin E yang bermanfaat untuk meringankan sakit payudara dan kram saat haid. Untuk meningkatkan vitamin E, tambah asupan dengan konsumsi dengan alpukat, talur, dan almond.

  1. Biji Labu

Biji labu sering dikonsumsi sebagai camilan dan makanan sehat. Biji kecil ini kaya akan zat besi, serat, seng, magnesium dan asam lemak omega-3. Selain sehat untuk jantung, juga bermanfaat dalam mengurangi kram. Magnesium pada biji labu bisa membantu perbaiki suasana hati dan melawan retensi air. Selain biji labu, Anda juga bisa konsumsi biji bunga matahari dan wijen.

  1. Pisang

Pisang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Selain mengenyangkan, pisang juga berperan sebagai obat untuk sakit kram perut. Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa atlet yang makan pisang setelah berolahrga untuk menghentikan kram otot. Itu juga berlaku untuk kram saat menstruasi. Pisang kaya akan vitamin B6, dan potasium yang dapat menahan air dan merasa kembung.

Selain mengkonsumi makanan di atas anda dapat juga menghilangkan nyeri haid secara praktis dengan pad pereda nyeri yang memberikan sensasi hangat yaitu ifree. Praktis, cepat tinggal temple dan anda siap kembali aktif untuk mengerjakan aktifitas anda. Untuk cara pemakaian dan info lainnya dapat lihat disini pada halaman ifreeindonesia.com.