Di era terdahulu, wanita yang memakai jilbab kerap dikatakan jadul atau tidak mengikuti mode. Karena model jilbab yang kurang sedap di pandang mata dan terlihat cenderung sederhana dan kedodoran. Namun seiring perkembangan jaman yang sudah semakin modern, fashion jilbab pun ikut menjadi berubah dengan sangat cepat dan pesat. Sehingga sebagai wanita muslimah dapat memilih model hijab yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Wanita muslimah yang berhijab akan terlihat modis berfashion dan cantik dengan penutup kepala atau hijab karena model hijabnya yang beraneka ragam, mulai dari gaya simple hingga gaya yang susah atau ribetpun ikut disuguhkan.

Sejarah dan Pandangan Tentang Jilbab Dari Masa ke Masa

Fungsi jilbab menurut Islam adalah untuk menutup aurat wanita agar kaum hawa terlindungi dari hal yang tidak diinginkan, seperti yang sudah dijelaskan dalam kitab suci umat Islam, yaitu alquran. Pada abad 9 hingga 12 masehi, penggunaan jilbab dipengaruhi oleh kultur kebudayaan masing-masing wilayah atau negara. Misalnya dinegara timur tengah wanita yang memakai jilbab biasanya menggunakan tambahan cadar, masker dan burqa. Namun, dalam masa awal abad ke-19, ketika Islam telah bisa diterima oleh rakyat nusantara, maka timbulah pemahaman mengenai penggunaan jilbab sedikit demi sedikit seiring berjalannya waktu..

Indonesia adalah negaya mayoritas muslim dan populasi Islam terbesar dimana mayoritas penduduk di Indonesia harusnya berhijab. Namun walaupun dominan warga negara Indonesia yang muslim masih sangat jarang ada wanita yang memakai kerudung kecuali ibu ibu yang sudah berumur. Karena bagi wanita jaman sekarang dengan memakai kerudung tidak dapat berpakain yang menarik dan cantik atau berfashion. Jadi para wanita kadang hanya memakai selendang atau pasinah untuk ke acara-acara pengajian dan bukan memakai kerudung untuk setiap hari.

Berkembangnya Konteks Positif Tentang Jilbab

Seiring perkembangan zaman fashion jilbab semakin berkembang dan muncul designer-desgner hijab yang semakin banyak dimulai dari designer yang tadinya bukan designer jilbab hingga artis Indonesia yang masuk ke dalam dunia fashion dan menjadi designer hijab. kian banyak bertambah muslimah yang mengenakan jilbab dimulai dari yang muda hingga dewasa, serta tidak jarang anak anak kecilpun juga. Karena stigma memakai hijab sudah tidak ada lagi kesan jadul atau tidak modis.

Yang ada, malah justru jilbab adalah sesuatu yang trendy. Sudah berbagai macam fashion show yang bernuansa hijab dan juga banyak artis muda dan senior yang sudah berhijab namun tetap modis. Itu semua dapat dijadikan panutan dan inspirasi para wanita muslimah. Dengan memakai hijab tidak ada lagi rasa malu atau tidak pede lagi selain memang itu kewajiban bagi wanita muslimah untuk menutup aurat tapi juga dapat berperran sebagai style yang modis dan menarik.

Style Jilbab Yang Menjadi Awal Perkembangan Desain Modern

Berbeda dengan jaman terdahulu, karena sudah banyaknya desainer jilbab yang bermunculan di Indonesia. Sehingga dengan beragamnya model jilbab yang sesuai dengan zaman, kemajuan zaman dan dapat dikatakan trend fashion hijab pada zaman modern. Berbagai jenis jilbab yang kerap dijual antara lain jilbab segi empat, segi tiga, atau jilbab praktis langsung pakai. Dengan sekian banyaknya pilihan itu, sebenarnya juga makin memudahkan Anda dalam menentukan pilihan yang sesuai dalam berbusana. Selain beberapa model jilbab diatas. Style jilbab yang modern juga banyak diimplementasikan dengan kretivitas dan tangan dingin desainer maupun produsennya antara lain:

  • Jilbab bergo, yakni jilbab langsung pakai yang disertai detil seperti tali atau aksesoris lainnya, sehingga terlihat lebih cantik dan trendy.
  • Jilbab lengan yakni jilbab yang didesai seperti model baju. Jika Anda mengenakan baju pendek sebagai dalaman jilbab model lengan dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk dikenakan.
  • Jilbab panjang, yakni jenis jilbab ini dapat Anda kenakan sesuai selera atau keinginan, mau yang berukuran panjang sedang atau dengan ukuran panjang pendek.
  • Jilbab hoodies, adalah model terbaru yang sedang trend. Model ini dapat juga Anda dapatkan dari kreasi jilbab model segi empat atau persegi panjang yang didesain sedemikian rupa sehingga tampilannya tidak monoton dan lebih menarik.
  • Jilbab lilit, yakni hampir mirirp dengan jilbab hoodies, perbedaannya bisa Anda lihat dari sisi modelnya yang bersifat tidak permanen, sehingga Anda dapat mengkreasikannya sendiri sesuai dengan kenyamanan dan keinginan Anda.