IC Card

sebuah kartu elektronik untuk pembayaran berbagai jenis transportasi lokal di Jepang seperti kartu e-money di Indonesia disebut dengan IC Card. Banyak sekali jenis-jenis IC Card di jepang, yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan yang berbeda dan hanya berlaku di regional yang berbeda juga. Harus diketahui, IC Card ini hanya bisa digunakan di dalam sebuah area bagi kereta atau bus lokal saja.

Berikut beberapa IC card yang paling terkenal: dan anda juga bisa lihat tentang harga tiket tokyo subway pass terbaru 2020.

SUICA

Suica bisa digunakan untuk naik kereta di area Tokyo metropolitan, baik itu kereta di jalur JR East, subway, bus, dan Tokyo Monorail yang menyambungkan bandara Haneda dengan pusat kota Tokyo. Oh, Suica juga bisa digunakan untuk belanja di banyak toko termasuk minimarket lho! Biasanya toko-toko ini memajang logo Suica di bagian depan (kaca/pintu) tokonya.

PASMO

Mirip dengan Suica, PASMO juga merupakan kartu transportasi yang bisa digunakan di area Tokyo metropolitan. Bisa digunakan untuk kereta, subway, bus, atau shuttle bus. Seperti Suica, anda juga bisa menggunakan PASMO untuk belanja di toko-toko yang memasang logo PASMO.

Lalu apa bedanya dengan SUICA? Bedanya hanyalah perusahaan yang mengeluarkannya. Suica dikeluarkan oleh JR East, sementara PASMO dikeluarkan oleh Tokyo Metro. Jadi, beberapa aturan kedua kartu juga berbeda, termasuk di mana anda bisa membeli dan mengembalikan kartu, dan lainnya.

ICOCA

kartu transportasi untuk wilayah Kansai, termasuk dua kota terkenal; Osaka dan Kyoto disebut dengan ICOCA. Anda bisa gunakan kartu ini untuk kereta JR, subway, bus, dan berbelanja.

KITACA

Kitaca adalah kartu transportasi untuk wilayah Hokkaido. Sama dengan IC Card yang lainnya, kartu ini juga dapat digunakan untuk digunakan sebagai transportasi lokal contohnya bus dan kereta dan juga untuk berbelanja.

Selain nama-nama di atas, ada juga IC card lainnya seperti SUGOCA (area Kyushu), nimoca (area Nishitetsu), TOICA (area Chūkyō, termasuk juga Nagoya), hingga manaca (khusus Nagoya).

Karena semuanya sama dengan IC Card, sebenarnya kartu-kartu tersebut sama saja dapat digunakan di area-area yang di naungi oleh IC Card. Contohnya PASMO dan SUICA dapat digunakan di area ICOCA atau daerah kansai dan juga sebaliknya. Akan tetapi. IC Card ini tida bisa digunakan untuk kereta antar kota. Untuk itu, anda memerlukan JR Pass.

Tokyo Subway Ticket

Tokyo Subway Ticket adalah sebuah pass untuk menggunakan jaringan kereta Tokyo Metro dan Toei Subway tanpa batas. Batasan untuk tiket ini hanyalah pada periode yang anda pilih: ada pilihan satu, dua, dan tiga hari.

Tiket ini menawarkan kesempatan naik kereta di tiga belas rute berbeda dan lebih dari 250 pemberhentian metro, tidak ada batasan! Jadi kalau anda berencana liburan ke Jepang tetapi hanya mengunjungi Tokyo saja, Tokyo Subway Ticket adalah pilihan terbaik untuk keliling kota ini.

Itulah informasi tentang Inilah jenis-jenis ID Card yang Ada di Jepang yang Harus Anda Ketahui, semoga bermanfaat buat anda semuanya.