Dalam beberapa tahun terakhir ini, menjalankan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi infuse water terbilang sangat populer. Bukan hanya sebagai gaya-gayaan saja, mengkonsumsi infuse water biasanya banyak dilakukan untuk tujuan tertentu, seperti membantu menurunkan berat badan berlebih. Selain itu juga masih ada segudang manfaat infuse water lainnya yang tak kalah bagus jika Anda mampu menerapkannya sehari-hari.

Bagi yang belum mengetahui, infuse water atau detox water merupakan minuman menyehatkan yang terbuat dari air mineral yang dipadukan dengan potongan buah segar hingga aneka rimpang-rimpangan. Cara pembuatan infuse water terbilang cukup mudah, yaitu dengan menambahkan beberapa potongan buah atau rimpang-rimpangan ke dalam sebotol air mineral. Setelahnya Anda bisa langsung mengaduk-aduknya sebentar, baru menutup botol kembali untuk nantinya disimpan dalam lemari pendingin semalaman agar rasa dan sari dari potongan buah atau rimpang yang dimasukkan bisa menyatu dengan air.

Banyak yang beranggapan dengan mengkonsumsi infuse water sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Hal ini memang bisa dikatakan benar, karena infuse water memiliki sifat mampu menekan rasa lapar lewat pemberian nutrisi yang ada dari potongan buah yang digunakan. Selain bisa membantu menurunkan berat badan, infuse water juga bisa sangat bagus bagi kesehatan dengan berbagai manfaat berikut ini:

  • Sebagai detoks alami.

Dengan rutin mengkonsumsi infuse water akan sangat berguna sekali sebagai detoks alami tubuh. Hal ini lantaran di dalam air mineral yang telah dicampur dengan potongan buah-buahan ini sangat ampuh membuang racun agar keluar dari dalam tubuh. Racun-racun ini nantinya akan dikeluarkan melalui urine maupun keringat tubuh.

  • Melancarkan sistem pencernaan.

Bagi Anda yang memiliki berbagai masalah terkait sistem pencernaan, seperti susah buang air besar, sembelit, dll, dengan mengkonsumsi infuse water akan sangat berguna dalam mengatasi permasalahan tersebut. Lakukan secara rutin agar efek baiknya pada sistem pencernaan Anda bisa terasa.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Agar tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit, Anda harus melakukan upaya agar sistem kekebalan tubuh meningkat. Infuse water bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem imun. Karena di dalam infuse water sangat kaya akan berbagai vitamin yang bagus untuk menutrisi tubuh.

  • Mencegah penuaan.

Agar Anda bisa tetap tampil sehat dan awet muda, mengkonsumsi infuse water bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Hal ini lantaran pada infuse water sangat tinggi antioksidannya yang mana sangat bagus untuk menangkal radikal bebas.

  • Cara lain untuk mendapatkan vitamin.

Bagi Anda yang terbilang malas dalam mengkonsumsi vitamin berbentuk tablet ataupun kapsul, menggunakan infuse water sebagai penggantinya patut untuk dicoba. Karena infuse water juga sama baiknya dengan mengkonsumsi berbagai vitamin tablet maupun kapsul karena banyak sekali vitamin yang sudah terlarut dalam infuse water, mulai dari vitamin C, vitamin B, dll.

  • Sebagai pengganti air putih yang menyehatkan.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu cara agar terhindar dari dehidrasi. Agar lebih menyehatkan, Anda bisa mengganti cairan tubuh yang semula hanya berasal dari air putih beralih dengan menggunakan infuse water.

  • Mengatasi peradangan.

Menggunakan irisan lemon dan kunyit untuk infuse water yang dikonsumsi akan sangat bagus untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada tubuh.

  • Sebagai antioksidan.

Manfaat infuse water lainnya yang tak kalah pentingnya bagi tubuh adalah sebagai antioksidan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan buah beri favorit, seperti strawberry, raspberry, blackberry, dll. Buah-buahan ini selain sangat kaya akan antioksidan, juga bisa membantu memberikan rasa manis pada infuse water.