Cara Menghitung Masa Subur

  • Whatsapp
Menghitung Masa Subur

Sebelum melakukan pernikahan umumnya seorang wanita kurang memperhatikan siklus menstruasi bulanan. Termasuk sering kali cuek terhadap cara menghitung masa subur. Padahal informasi yang diberikan dari perhitungan tersebut sangat penting untuk masa-masa kehamilan seseorang. Sehingga ada baiknya jika mengetahui hal tersebut sejak awal. Namun, sayangnya banyak yang merasa bingung jika ditanya tentang cara untuk melakukan perhitungan tersebut. Terutama bila baru pertama kali mengetahui informasi ini. Supaya tidak salah dalam melakukan perhitungan, berikut ini informasi lebih lanjut untuk dapat melakukan cara menghitung masa subur wanita secara akurat.

  • Menghitung Periode Haid

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam cara menghitunga masa subur yaitu mengetaui atau menghitung lebih dulu periode haid yang dialami oleh seorang wanita setiap bulannya. Informasi ini merupakan informasi data periode menstruasi yang dialami oleh seorang wanita pada bulan-bulan sebelumnya. Jadi dengan kata lain perhitungan akan memberikan hasil yang akurat jika informasi mengenai periode haid diberikan seakurat mungkin. Jika tidak maka bisa saja perhitungan dan estimasi yang diberikan tidak sama persis.

  • Mencari Hari Pertama Menstruasi

Dalam periode haid nantinya akan diperlukan dua macam informasi, pertama yaitu tanggal dimana terjadi hari pertama menstruasi selama 3 bulan sebelumnya berturut-turut. Tujuannya untuk bisa memastikan siklus periode haid seorang wanita. Karena pada dasarnya ada beberapa tipe periode haid yang dialami seorang wanita, pertama yaitu siklus pendek, dan yang kedua yaitu siklus panjang.

  • Mencari Hari Terakhir Menstruasi

Bukan hanya mencatatkan hari pertama menstruasi saja, tetapi dibutuhkan informasi yang lebih detil mengenal hari terakhir menstruasi selama 3 bulan sebelumnya berturut-turut juga. Dengan kelengkapan informasi ini maka bisa menentukan panjang pendeknya siklus haid wanita. Hal ini juga berpengaruh pada masa subur yang akan dialami oleh tubuh wanita tersebut.

  • Melihat Siklus Menstruasi

Dari data yang diperoleh di atas, maka selanjutnya bisa didapatkan hasil berupa informasi siklus menstruasi berikitnya. Hal ini merupakan informasi hasil yang diberikan dari periode haid yang telah diinformasikan. Dari sini dapat dilihat kapan menstruasi berikutnya akan terjadi. Sehingga para wanita bisa melakukan persiapan yang diperlukan.

  • Periode Masa Subur

ini merupakan informasi penting yang memberikan gambaran kapan waktu yang tepat untuk merencanakan kehamilan. Bukan hanya itu saja, tetapi ada informasi yang tepat juga mengenai kecenderungan melahirkan bayi perempuan atau bayi laki-laki. Dengan cara menghitung masa subur yang tepat dan akurat, tentu saja potensi kehamilan akan makin besar. Sehingga program yang direncanakan juga jauh lebih berhasil.

Ternyata cara menghitung masa subur cukup mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Tidak hanya itu saja, hasilnya juga cukup akurat untuk membantu pasangan suami  istri merencanakan kehamilan. Oleh sebab itu sebaiknya mulailah mencatat informasi masa subur setiap bulannya. Jika kesulitan menghitung secara manual, sebaiknya cobalah untuk menggunakan fitur otomatis yang diberikan oleh situs Klikdokter.com. Di situs ini cukup memasukkan data-data yang diminta secara akurat dan selanjutnya akan diberikan informasi yang detil mengenai masa subur wanita sekaligus periode haid berikutnya. Sangat membantu dan pastinya mendukung program kehamilan pasangan suami istri supaya dapat terwujud lebih optimal. Apabila memiliki biaya lebih maka bisa juga menggunakan alat tes kesuburan yang banyak tersedia di apotek dan toko obat terdekat. Sebaiknya pilih cara yang paling nyaman untuk bisa memberikan informasi hasil yang paling dibutuhkan.

Related posts