Ketika Anda menderita gejala virus corona maka salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memastikannya. Gejala virus ini sama dengan penyakit pada umumnya yang biasa diderita sehingga hal tersebut akan membuat orang menjadi lebih mudah bingung. Sehingga akan lebih baik untuk memastikannya apakah Anda terserang virus covid-19 atau tidak yang dapat diketahui dari pemeriksaan yang dapat dilakukan. Salah satu hal yang bisa untuk memastikan hal tersebut adalah dengan melakukan tahapan pemeriksaan yang sekarang ini bisa dilakukan di puskesmas. Dimana untuk tahapan pengecekan virus covid-19 yang dilakukan di puskesmas adalah sebagai berikut ini:

  • Wawancara dan pemeriksaan

Untuk langkah pemeriksaan pertama adalah melakukan wawancara dan pemeriksaan epidemiologi. Hal ini merupakan langkah pertama yang dapat dilakukan dalam rangka pengujian untuk ke tahap selanjutnya. Bagi masyarakat yang datang ke puskesmas maka akan mendapatkan wawancara dengan petugas medis mengenai beberapa hal. Misalnya saja gejala yang dirasakan dan juga riwayat aktivitas yang dapat memungkinkan sebagai penyebab terkena virus ini. Sehingga dari wawancara tersebut akan didapatkan mengenai history perjalanan, aktivitas, kontak dengan orang lain, dan juga mengenai berbagai hal yang dapat menjadi resiko kuat terpapar tertular covid-19.

  • Rapid test

Langkah selanjutnya setelah melakukan pemeriksaan gejala dan riwayat perjalanan yang dipunyai adalah melakukan rapid test. Untuk tahap ini adalah langkah awal pemeriksaan yang tidak akan menunjukkan apakah Anda positif terkena virus corona atau tidak. Fungsi dari rapid test sendiri hanya sebagai langkah untuk pengecekan antibodi apakah sudah ada antibodi tertentu yang terbentuk karena terpapar corona. Sehingga dalam metode screening ini petugas puskesmas akan melakukan tes cepat antibodi yang hasilnya akan dapat diketahui 15 menit kemudian. Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel darah Anda yang ada di ujung jari dan hanya merupakan tes awal yang dilakukan. Apabila nantinya menunjukan tes yang positif maka baru ke tahapan selanjutnya.

  • Throat swab

Untuk pemeriksaan ketiga adalah throat swab atau tes swab yang akan mempunyai keakuratan lebih baik untuk mengetahui apakah terpapar corona atau tidak. Dimana setelah melakukan screening corona di puskesmas maka tes selanjutnya adalah throat swab atau tes swab. Pengetesan ini dapat dilakukan dengan cara mengambil sampel cairan tenggorokan ataupun di pangkal hidung dan kemudian akan di swab. Tes ini akan dibawa ke laboratorium menggunakan PCR dengan standar yang sudah ditetapkan oleh puskesmas. Hasilnya baru akan diberitahukan ke pasien setelah hasil tersebut keluar.

  • Pemantauan dan edukasi

Untuk tahap terakhir pemeriksaan corona di puskesmas adalah pemantauan dan edukasi. Dimana hal ini tergantung pada hasil tes yang Anda punyai, dimana ketika mempunyai hasil tes yang negatif maka bisa untuk pulang dan melakukan berbagai cara pencegahan yang dapat dilakukan agar sakit yang dirasakan cepat sembuh. Selain itu juga penting untuk melakukan berbagai pencegahan penularan corona yang informasinya dapat Anda dapatkan di Halodoc dengan lengkap.

Sedangkan bagi Anda yang mempunyai hasil positif setelah melakukan tes virus corona di puskesmas maka hal yang dilakukannya adalah dengan melakukan edukasi dan pemantauan. Bagi yang mempunyai gejala ringan bisa untuk melakukan isolasi di rumah dan melakukan berbagai tahapan agar mengurangi gejala yang dirasakan. Selain itu juga penting untuk tidak melakukan kontak dengan orang lain dan apabila kondisi memburuk sebaiknya segera lakukan perawatan di rumah sakit.