Cara mengobati sakit tenggorokan pertanda paling awal dari gelaja pilek dan flu adalah sakit tenggorokan.  Sakit tenggorokan ditandai dengan efek samping dari pita suara yang menegang, adalah sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih serius, yakni radang tenggorokan.

Apapun penyebabnya, sakit tenggorokan adalah hal yang sangat mengganggu bahkan menyakitkan. Sebelum Anda mengkonsultasikannya kepada dokter, ada baiknya untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan.

Berikut Adalah 7 cara mengobati sakit tenggorokan. Saat tenggorokan Anda sudah mulai serak, gatal, dan sakit saat menelan.

  1. Penuhi Cairan Tubuh Anda

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, Anda perlu lebih banyak cairan agar dapat mengurangi rasa sakitnya. Menjaga asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari cara mengobati sakit tenggorokan. Ketika Anda kekurangan cairan, tubuh tidak bisa menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan serta membuat peradangan semakin memburuk. Anda mesti mengonsumsi cukup banyak cairan sehingga urin Anda berwarna jernih. Hal ini bisa membuat selaput lendir Anda tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi, seperti alergen, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif memerangi gejala pilek dan flu lainnya. Ilustrasi minum air putih adalah solusi terbaik, namun Anda juga dapat menggantinya dengan teh jahe madu, teh hijau tawar hangat hangat, atau sup ayam lezat. Kandungan sodium dalam sup ayam memiliki fungsi anti peradangan, selain itu, menyantap makanan saat tenggorokan terasa sakit dapat menyusahkan, sehingga makanan cair seperti sup dapat menjamin kecukupan nutrisi yang Anda dibutuhkan untuk melawan penyakit.

  1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam yang hangat dapat membantu meredakan nyeri dan sakit pada tenggorokan Anda. Beberapa kasus ditemukan bahwa berkumur dengan air garam dalam mengurangi bengkak pada tenggorokan serta bisa mencairkan lendir. Juga dapat membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga tidak terasa sakit lagi saat menelan.

  1. Permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan yang banyak beredar di pasaran mengandung peppermint, ekstrak menthol, dan eucalyptus. Yakni bahan yang bisa memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada area dan jaringan tenggorokan Anda. Ketiga bahan diatas mengandung anti bakteri dan antivirus yang dapat menunjang proses penyembuhan.

  1. Air perasan lemon

Cara mengobati sakit tenggorokan selanjutnya adalah dengan air perasan lemon. Kandungan anstringent yang terdapat dalam jus lmeon dapat membantu mengecilkan pembengkakan pada tenggorokan. Serta menciptakan lingkungan asam yang mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

  1. Kumur dengan air kunyit

Rempah dengan wana kuning yang satu ini merupakan antioksidan yang begitu kuat. Juga sangat bermanfaat untuk menghadapi banyak kondisi serius. Cukup campurkan ½ sendok kunyit bubuk dengan ½ sendok the garam dan larutkan pada air yang hangat. Kemudian berkumurlah dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

  1. Kumut cuka apel dan garam

Jika tenggorokan Anda meradang akibat batuk yang membandel, cukup atasi dengan 1 sendok makan cuka sari apel. Kemudian campurlah dengan 2 sendok teh garam, lalu dilarutkan dalam segelas air hangat. Gunakan sebagai obat kumur beberapa kali sehari.

  1. Mandi air hangat

Udara yang lembab dapat membantu meringankan bengkak akibat radang tenggorokan. Juga dapat mengatasi masalah hidung mampet. Mandi dengan air hangat adalah salah satu cara mengobati sakit tenggorokan. Selain itu Anda juga dapat berelaksasi, karena air hangat untuk mandi dapat membuat Anda begitu santai dan nyaman di tubuh. (*)